Sunday, December 19, 2010

Warga Saling Dorong Berebut Uang dalam Tradisi Mesuriak

The more you understand about any subject, the more interesting it becomes. As you read this article you'll find that the subject of mobil keluarga ideal terbaik indonesia is certainly no exception.
 

Denpasar, (tvOne).

Ratusan warga saling dorong berebut uang dalam perayaan tradisi Mesuriak di Desa Bongan Gede, Tabanan, Bali.

Tradisi itu dimaknai sebagai memberi bekal kepada leluhur bagi setiap keluarga di setiap rumah yang melempar uang dan langsung direbut warga lainnya.

Ratusan warga saling dorong untuk berebut uang yang dilempar ke udara oleh pemiliknya. 
Beberapa diantara mereka tak jarang nyaris terjatuh demi untuk mendapat uang gratis sebanyak-banyaknya. Meski berebut uniknya tak satupum sampai terjadi keributan. 

I trust that what you've read so far has been informative. The following section should go a long way toward clearing up any uncertainty that may remain.

Menurut warga, aksi saling berebut uang ini merupakan tradisi yang digelar setiap keluarga di desa Bongan Gede untuk memberi bekal terhadap leluhur untuk melanjutkan perjalanan di alamnya. 

Tradisi tersebut diawali dengan prosesi menghaturkan sesaji di depan Rumah. Selain hasil bumi juga dipersembahkan sejumlah uang. Selanjutnya uang tersebut langsung dilempar untuk direbut warga lainnya yang telah menanti. 

Tak hanya pria, wanita dan anak-anak pun ikut berebut. meski sebagian mereka tak dapat, namun mereka senang bisa melestarikan tradisi ini. 

Ketua Desa Adat Bongan Dege, Wayan mengatakan dalam tradisi ini tidak ada batasan jumlah uang yang dikeluarkan setiap keluarga. 

Warga yang memiliki kemampuan finansial yang lebih tak jarang diantara mereka yang merogoh uang hingga belasan juta rupiah sebagai bentuk bakti pada leluhurnya yang telah memberi kemurahan rezeki. 

 

Those who only know one or two facts about mobil keluarga ideal terbaik indonesia can be confused by misleading information. The best way to help those who are misled is to gently correct them with the truths you're learning here.

No comments:

Post a Comment