Saturday, December 11, 2010

Aceh Dipersiapkan jadi Lumbung Kedelai Nasional

When you think about mobil keluarga ideal terbaik indonesia, what do you think of first? Which aspects of mobil keluarga ideal terbaik indonesia are important, which are essential, and which ones can you take or leave? You be the judge.
Banda Aceh, (tvOne)

Menteri Pertanian Suswono, mengatakan Aceh dipersiapkan sebagai salah satu daerah lumbung kedelai nasional guna mendukung capaian swasembada komoditas tersebut pada 2014.

"Untuk mencapai swasembada pada 2014 itu, maka Aceh akan kita jadikan sebagai salah satu daerah andalan penghasil kedelai terbesar nasional," katanya di Banda Aceh, Sabtu.

Hal itu disampaikan Mentan Suswono usai berdialog dengan sejumlah pejabat dan PNS instansi terkait, seperti dinas pertanian dan peternakan provinsi dan kabupaten/kota se Aceh.

If your mobil keluarga ideal terbaik indonesia facts are out-of-date, how will that affect your actions and decisions? Make certain you don't let important mobil keluarga ideal terbaik indonesia information slip by you.

Kementerian Pertanian, Suswono menyebutkan tentunya akan membantu pengadaan benih kedelai gratis kepada petani dan cocok dikembangkan di wilayah tertentu di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Menurut dia , Aceh sejak dulu potensi pangannya cukup kuat, terutama komoditas kedelai, bahkan pernah menjadi andalan nasional. "Memang saat ini, khususnya kedelai di Aceh agak terpuruk karenan beberapa faktor, yakni produktivitas agak rendah dan harganya kurang menarik bagi petani karena lebih rendah dari harga kedelai impor," kata dia menambahkan.

Kemudian, ia menyebutkan pemerintah akan mengupayakan peningkatan produktivitas untuk menutupi harga yang selama ini kurang menguntungkan petani yakni berkisar Rp7.000/kilogra,

"Mudah-mudahan dengan peningkatan produktivitas di atas tiga ton/hektare, misalnya bisa mengurangi atau menutup pengeluaran yang ada sehingga keuntungan petani kedapan lebih menjanjikan," kata dia.

Dipihak lain, Mentan Suswono menyebutkan khusus untuk Aceh maka pemerintah akan menambah jumlah penyuluh pertanian yang selama ini hanya ada satu penyuluh dengan wilayah kerjanya tiga desa.

Artinya, kedepan setiap desa terutama di daerah potensial kedelai akan ada satu tenaga penyuluh, dan masyarakat juga diberi hak untuk mengontrolnya apakah penyuluh itu bekerja atau tidak, kata menteri. (Ant)

Those who only know one or two facts about mobil keluarga ideal terbaik indonesia can be confused by misleading information. The best way to help those who are misled is to gently correct them with the truths you're learning here.

No comments:

Post a Comment