Tuesday, January 4, 2011

BPPTK: Potensi Banjir Lahar Dingin Merapi Masih Tinggi

The following paragraphs summarize the work of mobil keluarga ideal terbaik indonesia experts who are completely familiar with all the aspects of mobil keluarga ideal terbaik indonesia. Heed their advice to avoid any mobil keluarga ideal terbaik indonesia surprises.
Yogyakarta, (tvOne)

Potensi banjir lahar hujan material hasil erupsi Gunung Merapi yangsudah mengendap di seluruh sungai berhulu di gunung tersebut masih tetaptinggi dan akan berlangsung dalam waktu lama, bahkan hingga tahundepan.

"Material hasil erupsi Gunung Merapi yang kini telah mengendap disungai-sungai berhulu di gunung tersebut tidak akan habis hanya dalamwaktu satu kali musim hujan. Bisa dua hingga tiga kali musim hujan baruhabis," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan TeknologiKegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandrio di Yogyakarta, Selasa (4/1).

Menurut dia, jumlah material vulkanik yang mengendap di sungai-sungaiberhulu di Gunung Merapi hampir sama yaitu antara lima hingga 10 jutameter kubik. Total material vulkanik yang dimuntahkan Gunung Merapiselama fase erupsi diperkirakan mencapai 140 juta meter kubik.

Salah satu upaya untuk mengurangi risiko dampak banjir lahar hujandari material erupsi Gunung Merapi adalah dengan menempatkan alatpemantau lahar di sungai-sungai berhulu di Gunung Merapi.

Sungai-sungai yang berada di sisi selatan Gunung Merapi sudahdilengkapi dengan alat pemantau tersebut yaitu sebanyak lima unit,sedangkan sembilan unit lain akan ditempatkan di sungai-sungai yangberada di sisi barat gunung tersebut.

"Saat ini sedang dipasang alat pemantau lahar hujan di sisi baratGunung Merapi, selain itu, akan ada kamera juga yang ditempatkan untukmemantau lahar hujan Merapi," katanya.

Ia mengatakan, pemasangan alat di sisi barat Gunung Merapi mengalamikendala di antaranya adalah kesulitan dalam melakukan transmisi dan jugapendirian menara.

Is everything making sense so far? If not, I'm sure that with just a little more reading, all the facts will fall into place.

"Tetapi, dalam waktu singkat diharapkan sudah selesai. Karena ini merupakan bagian dari sistem peringatan dini," katanya.

Subandrio mengatakan, peralatan tersebut dapat mendeteksi aliran lahardi hulu sungai sehingga masyarakat masih memiliki waktu sekitar 30menit untuk menyingkir ke lokasi yang lebih aman.

"Jika memang daerah yang ditinggali masyarakat tersebut sering terkenalahar hujan, maka sebaiknya daerah itu tidak ditempati terlebih dulu,"katanya.

Subandrio mengatakan, sejumlah sungai yang kerap dialiri lahar hujanGunung Merapi di antaranya adalah Sungai Putih, Pabelan, Senowo, Krasak,Boyong, Kuning dan Opak.

Sungai Opak, adalah sungai yang selama ini dikenal sebagai sungai matioleh masyarakat, namun pascaerupsi Merapi 2010, sungai tersebut menjadialiran lahar hujan.

"Lahar hujan justru tidak terjadi secara signifikan di Sungai Gendolkarena sungai tersebut sudah sangat dipenuhi endapan material Merapi.Material Merapi mencari tempat yang lebih rendah untuk mengalir, yaituSungai Opak," kata Subandrio.

Masyarakat, lanjut dia, diminta untuk tetap waspada khususnya merekayang bertempat tinggal di sepanjang bantaran sungai berhulu di Merapi.

Pada 30 Desember 2010, BPPTK kembali menurunkan status Gunung Merapimenjadi "waspada". "Dengan status tersebut, sudah tidak ada kendala bagimasyarakat untuk beraktivitas di lereng dan merupakan kondisi yangkondusif untuk proses pemulihan pascabencana," kata Subandrio.

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan MeteorologiKlimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY Toni Agus Wijaya mengatakan,potensi curah hujan tinggi masih akan terjadi sepanjang Januari.

"Penurunan curah hujan diperkirakan mulai terjadi pada Maret dan pertengahan April sudah masuk ke musim kemarau," katanya. (Ant)

If you've picked some pointers about mobil keluarga ideal terbaik indonesia that you can put into action, then by all means, do so. You won't really be able to gain any benefits from your new knowledge if you don't use it.

No comments:

Post a Comment