Sunday, November 21, 2010

Areal Candi Borobudur Mulai Dibuka Kembali

In today's world, it seems that almost any topic is open for debate. While I was gathering facts for this article, I was quite surprised to find some of the issues I thought were settled are actually still being openly discussed.
Magelang, (tvOne)

Para wisatawan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mulai Minggu (21/11) bisa masuk hingga ke pelataran candi warisan budaya dunia tersebut.

"Kalau sebelumnya wisatawan hanya bisa menyaksikan Candi Borobudur dari taman atau zona II, mulai hari ini bisa naik ke zona I atau di pelataran candi," kata Wakil Kepala Taman Candi Borobudur, Puji Santoso di Magelang, Minggu.

Ia mengatakan, saat ini proses pembersihan candi dari abu vulkanik Gunung Merapi masih berlangsung sehingga pengunjung hanya diperbolehkan naik hingga pelataran candi.

"Pembukaan zona I tersebut atas permintaan dari wisatawan karena kalau hanya melihat dari bawah atau taman mereka tidak puas maka hari ini pengunjung boleh naik meskipun hanya sampai pelataran candi," katanya.

Ia mengatakan, pembersihan abu vulkanik yang menempel di batu candi hingga sekarang baru mencapai sekitar 10 persen. Untuk bisa selesai keseluruhan candi masih membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat minggu.

Sometimes the most important aspects of a subject are not immediately obvious. Keep reading to get the complete picture.

Taman Wisata Candi Borobudur pada 5-15 November 2010 ditutup total dari kunjungan wisatawan. Kemudian pada 16-20 November 2010 candi dibuka untuk umum, namun pengunjung hanya bisa menyaksikannya dari taman.

"Mulai hari ini pengunjung bisa melihat candi dari pelataran. Mudah-mudahan proses pembersihan cepat selesai sehingga pengunjung bisa melihat langsung hingga lantai paling atas," katanya.

Ia mengatakan, selama Taman Wisata Candi Borobudur dibuka untuk zona II pengunjung tetap ada namun jumlahnya relatif kecil di bawah 200 wisatawan perhari.

Pengunjung dikenakan tiket masuk seperti hari-hari biasa, yakni Senin-Jumat Rp20 ribu per orang dan hari Sabtu-Minggu Rp23 ribu per orang, sedangkan untuk wisatawan mancanegara 12 dolar Amerika per orang dan pelajar Rp10 ribu per orang.

Belum diperbolehkannya wisatawan naik ke candi selama proses pembersihan tersebut ditanggapi beragam oleh para pengunjung.

Seorang pengunjung dari Demak, Darsi mengaku kecewa dengan kebijakan tersebut karena tidak naik ke lantai paling atas. "Kami sebenarnya kecewa dengan kebijakan ini, tetapi apa boleh buat sudah terlanjur sampai di sini," katanya.

Seorang pengunjung dari Sumetera Selatan, Suryadinata bisa memahami kondisi tersebut. "Kami maklum dan tidak kecewa tidak bisa naik candi hingga lantai atas karena memang keadaan belum memungkinkan masih proses pembersihan," katanya. (Ant)

I hope that reading the above information was both enjoyable and educational for you. Your learning process should be ongoing--the more you understand about any subject, the more you will be able to share with others.

No comments:

Post a Comment