Jakarta (ANTARA News) - Phillips-IMO Mobile meluncurkan telepon seluler (ponsel) Android pertama dengan sistem operasi Google dan siap memasok hingga 1.000 unit ponsel di pasar tanah air. "Tahap awal seri IMO yang diluncurkan adalah tipe S900," kata Presiden Direktur Philips-IMO Sarwo Wargono, di Jakarta, Minggu.

Menurut Sarwo, ponsel Android ini diharapkan dapat mencuri perhatian konsumen karena memiliki fitur yang kaya aplikasi berbasis Android.

Ponsel dual band dual-band GSM900/DCS1800 atau GSM850/DCS1900 ini dilengkapi prosesor Samsung S3C2448 dengan clock speed 400MHz, kamera 2 megapiksel, pemutar musik dan video.

Selain itu ponsel ini dijejali aplikasi dan launcher seperti Google Search, I Tweet, Instant Messaging Yahoo!Messenger, MSN, Google Talk, MSN Messenger, Jabber, ICQ, MySpace.

Anda yang belum terbiasa dengan kata kunci pada% terbaru% kini memiliki setidaknya pemahaman dasar. Tapi ada lagi yang akan datang.

Ponsel yang dibanderol seharga Rp2,25 juta ini dibenamkan aplikasi bisnis seperti layanan pushmail, Doc Viewer, dan PDF Viewer. Sementara di sisi konektivitas, selain Bluetooth 2.0 dan USB 1.1, IMO S900 menyematkan kemampuan Wi-Fi 802.11 b/g dan GPRS.

Untuk menampung aplikasi berbasis Android tersebut, IMO mengandeng Indosat Mega Media (IM2) untuk penyelenggaraan sistem pembayaran.

Sarwo menambahkan, saat ini setidaknya 10 komunitas sudah siap menjajal ponsel IMO S900 seperti komunitas Universitas Gunadarma, Bursa Efek Indonesia, dan komunitas Bursa Komoditi.

Sayangnya Sarwo tidak memberi target penjualan ponsel Android tersebut.

Ia hanya menjelaskan, ponsel ini ditargetkan untuk pasar ponsel medium.

"Android dengan berbagai kemampuan teknologinya, bisa terus diminati sejalan terus berkembangnya aplikasi konten dalam negeri," tegasnya.(*)